Review Pengendalian Internal

Konsultansi Manajemen
Agustus 24, 2020
Perpajakan
Agustus 24, 2020

Saat ini penilaian terhadap pengendalian internal telah menjadi prioritas bagi banyak klien. Demikian juga standar auditing telah mensyaratkan telaah yang lebih menyeluruh. Lebih lanjut, publikasi kecurangan dan korupsi yang sering terjadi menunjukkan semakin pentingnya telaah dan perbaikan terhadap pengendalian internal.

Staf profesional KKSP Yogyakarta memiliki pengalaman yang memadai untuk melakukan telaah dan membantu klien untuk mendokumentasikan pengendalian internal, menilai efektivitas dan efisiensinya dan menilai kemungkinan adanya kelemahan pengendalian internal yang mengganggu klien untuk mencapai produksi dan laba yang maksimum.

Proses telaah pengendalian internal dimulai dengan telaah organisasi untuk identifikasi area penting dalam lembaga klien dan pengendalian internal yang relevan pada area tersebut. Selanjutnya dilakukan telaah atas pemisahan tugas yang membuat pengendalian internal lemah seperti perangkapan fungsi pencatatan, operasi dan penyimpanan.

Lebih lanjut, dilakukan evaluasi terhadap pengendalian yang berjalan. Evaluasi ini dilakukan setelah diperoleh data dari wawancara dengan manajemen dan atau staf, visitasi lokasi kerja dan observasi pekerjaan–pekerjaan penting. Sebelum pekerjaan dimulai dilakukan diskusi dengan manajemen terkait pendekatan yang digunakan. Setelah telaah pengendalian internal selesai dilakukan, selanjutnya diterbitkan laporan yang menunjukkan temuan–temuan dan rekomendasi.